MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJASAMA DAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROGRES DAN MEDIA TTS PADA KELAS IV SDN TERANTANG 2

Authors

  • Helwa Ayuni Universitas Lambung Mangkurat
  • Noorhapizah

Abstract

Permasalahan penelitian adalah rendahnya keterampilan kerjasama dan berpikir kritis siswa yang disebabkan pembelajaran bersifat satu arah serta pembelajaran monoton. Upaya mengatasinya menggunakan model PROGRES dan media TTS. Tujuan penelitian untuk menganalisis aktivitas, keterampilan kerjasama dan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan PTK. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Terantang 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru pertemuan 1 sampai 4 memperoleh kriteria sangat baik. Keterampilan kerjasama pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari kriteria cukup terampil menjadi sangat terampil. Keterampilan berpikir kritis pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari kriteria kurang terampil menjadi sangat terampil. Berdasarkan temuan disimpulkan bahwa model PROGRES dan media TTS keterampilan kerjasama dan berpikir kritis. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai alternatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran

Daftar Pustaka

Agustin, S., Sumardi, & Hamdu, G. (2021). Kajian Tentang Keaktifan Belajar Siswa dengan Media Teka Teki Silang pada Pembelajaran IPS SD. Pedadidaktika: Jurnal Ikmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 166–176. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/32917

Aslamiah, Pratiwi, D. A., & Agusta, A. R. (2022). Pengelolaan Kelas. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Dewi, N. C. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Kemapuan Pemecahan Masalah. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), 4(1), 112–116. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/5176

Faizal, D. Y., Hidayati, Y. M., & Syamsiyah, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Zatura untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama. Journal of Education Research, 4(3), 298–304. http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif

Fathan, A. (2021). Penerapan Teka Teki Silang Sebagai Media Pembelajaran Biologi untuk Kelas X MA. JPB: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 40–49. http://journal.unirow.ac.id/index.php/jpb/article/view/192

Feryantini, N. L., Sanjaya, P., & Dewi, N. P. C. P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Scramble untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Widyajaya: Jurnal Mahasiswa Prodi PGSD STAHN Mpu Kuturan Singaraja, 2(1), 1–8. https://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/widyajaya/article/view/2148

Hasanah, R. P., Amrah, & Nursiah, St. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based earning dalam Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa di Kelas IV SD Inpres Antang 1 Kota Makassar. Global Journal Basic Education, 1(3), 193–211. http://jurnal.sainsglobal.com/index.php/gjp/article/view/621

Khotimah, K., Istinganah, S., Umardiyah, F., & Nasrollah, M. F. (2022). Pengembangan E-LKPD Matematika Berbasis HOTS pada Materi Bangun Ruang Prisma dan Limas SMP Kelas VIII. Journal of Education and Management Studies, 5(5), 48–57. http://ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/799

Lestari, K. A. N. S., Mahayukti, G. A., & Mertasari, N. M. S. (2020). Peningkatan Kemapuan Pemecahan Masalah dan Keaktifan Belajar Siswa SMA Melalui Means-Ends Analysis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 263–278. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/view/3487

Muna, L. N., Kusumadewi, R. F., & Ulia, N. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Scramble dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis dan Sikap Kerjasama. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 2(1), 27–32. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jppm/article/view/021-05

Noorhapizah, Nur’alim, Agusta, A. R., & Fauzi, Z. A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Keterampilan Membaca Pemahaman dalam Menemukan Informasi Penting dengan Kombinasi Model Directed Inquiry Activity (DIA), Think Pair Share (TPS), dan  Scramble pada Siswa Kelas V SDN Pemurus Dalam 7 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(2), 95–108. http://eprints.ulm.ac.id/8286/

Noorhapizah, Pratiwi, D. A., & Ramadhanty, K. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan SMART Model untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(2), 613–624. https://bajangjournal.com/index.php/JCI/article/view/3773

Prastitasari, H., Fitria, M., Jumadi, Sunarno, Annisa, M., & Prihandoko, Y. (2022). Peningkatan Prestasi Matematika Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran PBL, SR, dan QOD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1792–1804. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/9250

Rihlasyita, W., & Rahmawati, R. D. (2022). Analisis Penerapan Metode PAIKEM GEMBROT dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Era Pandemi. Eduscope, 8(1), 40–55. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/2494

Rivaldo, M. I. A., Warsono, & Cahyadin, A. (2023). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Berbasis Group Investigation pada Mata Pelajaran Biologi di SMAN 3 Ciamis. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 103–111. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/bioed/article/view/10268

Sayekti, S. P., & Handayani, C. T. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Probing Promting untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII SMP IT Darus Solihin Depok. ASWAJA, 3(1), 14–22. http://journal.unucirebon.ac.id/index.php/jeas/article/view/220

Suhaimi, & Nasidawati. (2020). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Numbered Head Together dan Course Review Horay dengan Media Bangun Ruang Kelas V/C SDN Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 74–86. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/jpl/article/view/1184/595

Suhaimi, & Putri, A. (2019). Implementasi Kombinasi Model Team Assisted Individualization, Numbered Heads Together, Team Games Tournament untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa PKN pada Siswa Kelas V SDN Pengambangan 9 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 167–178. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/812

Suriansyah, A., Agusta, A. R., & Setiawan, A. (2021). Model Blanded Learning ANTASARI Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah. JEE: Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 90–110. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/jee/article/view/4102

Suriansyah, A., Aslamiah, Sulaiman, & Noorhapizah. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Widayati, S. (2019). Peranan Guru dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Elsa, 17(1), 1–14. https://jurnal.umko.ac.id/index.php/elsa/article/view/101

Wijaya, R. P. N. A. S., Indrowati, M., & Rinanto, Y. (2019). Keterampilan Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Cooperative Learning Tipe Student Team Achievment Divisions (STAD) dan Think Pair Share (TPS). Proceeding Biology Education Conference, 16(1), 64–68. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/38330

Yuni, R. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Diskusi pada Siswa Kelas VII. JPGI: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 8(1), 82–87. https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/download/2693/1400

Yusuf, O. Y. H., Salnia, Helmanidar, Suparman, S., & Sari.I, W. L. (2023). Perilaku Positif Guru Terhadap Peserta Didik. Uil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 1238–1245. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/1353

Noorhapizah, N., Prihandoko, Y., Pratiwi, D. A., & Hartati, H. (2023). PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH UNTUK MENUNJANG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI LINGKUNGAN LAHAN BASAH. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat4(4), 8886-8890.

Darmiyati, D., Sunarno, S., & Prihandoko, Y. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KECAMATAN KUSAN HULU KABUPATEN TANAH BUMBU KALIMATAN SELATAN. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat4(4), 8891-8895.

Noorhapizah, N., Prihandoko, Y., Pratiwi, D. A., & Saputra, M. D. (2024). Effectiveness of the ‘BANGKIT’Program to Support the Implementation of ‘Merdeka’Curriculum in Primary Schools in a Wetland Environment. Journal of Education Method and Learning Strategy2(01), 8-16.

Radiansyah, R., Sari, R., Jannah, F., Prihandoko, Y., & Rahmaniah, N. F. (2023). Improving children's critical thinking skills in elementary school through the development of problem based learning and HOTS models. International Journal of Curriculum Development, Teaching and Learning Innovation1(2), 52-59.

Darmiyati, D., Sunarno, S., & Prihandoko, Y. (2023). The effectiveness of portfolio assessment based problem based learning on mathematical critical thinking skills in elementary schools. International Journal of Curriculum Development, Teaching and Learning Innovation1(2), 42-51.

Prihandoko, Y., Prastitasari, H., Kurahmah, T., Fendrik, M., & Istianah, T. N. (2023). Implementation of the PREMIER model based on river area to improve fourth-grade students’ mathematical problem-solving ability. Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education6(1), 27-38.

Jannah, F., Sari, R., Prihandoko, Y., Prasetyo, Y. D., & Indriati, S. (2023). IMPROVING SCIENCE LEARNING ACTIVITIES AND OUTCOMES USING AN" INTERNAL" LEARNING MODEL. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)7(1), 192-201.

Noorhapizah, N., Pratiwi, D. A., Prihandoko, Y., Ayuni, H., & Putri, T. A. S. (2023). Development of HOTs-Based Teaching Materials, Multiple Intelligence, and Baimbai Wood Characters for River-Bank Elementary Schools. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan4(1), 94-107.

Prastitasari, H., Fitria, M., Jumadi, J., Sunarno, S., Annisa, M., & Prihandoko, Y. (2022). Peningkatan prestasi matematika siswa sekolah dasar dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran PBL, SR, dan QOD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar11(6), 1792-1804.

Wangid, M. N., Mustadi, A., Syamsudin, A., Hastuti, W. S., Perwitasari, N., Noor, A. F., ... & Prihandoko, Y. (2020). Pelatihan Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS Bagi Guru SD Se-Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta: HOTS-Based Learning and Assessment Training for Elementary School Teachers in the District of Mantrijeron, Yogyakarta City. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat5(4), 394-403.

Prihandoko, Y., & Wasitohadi, W. (2015). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Kognitif Moral Melalui Model Value Clarification Technique (Vct) Ditinjau Dari Hasil Belajar Pkn Dengan Mempertimbangkan Moral Judgement. Satya Widya31(1), 17-31.

Prihandoko, Y. (2022). Cognitive moral: Merangsang perkembangan perilaku moral siswa sekolah dasar melalui pendekatan kognitif. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi10(2).

Prihandoko, Y. (2018). Pengembangan Bahan Ajar PPKN Berbasis Cognitive Moral untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Penelitian Pengembangan di Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018) (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Ayuni, H., & Noorhapizah. (2023). MENINGKATKAN KETERAMPILAN KERJASAMA DAN BERPIKIR KRITIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROGRES DAN MEDIA TTS PADA KELAS IV SDN TERANTANG 2. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2). Retrieved from http://dikseda.winayailmu.id/index.php/1/article/view/20