MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HARMONI DAN EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Authors

  • Dewi Nurmala Universitas Lambung Mangkurat
  • Noorhapizah Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini yaitu rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah melakukan pembelajaran menggunakan model PBL. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak tiga pertemuan, dilaksanakan dikelas kelas V SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin yang berjumlah 24 orang peserta didik. Jenis data yang disajikan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada pertemuan I hingga pertemuan III dengan perolehan aktivitas mendapat kriteria “Baik” pada pertemuan I, dan meningkat menjadi kriteria “Sangat Baik” pada pertemuan II dan III. Aktivitas peserta didik pada pertemuan I mendapat kriteria “Sebagian Kecil Aktif”, pada pertemuan II meningkat menjadi “Sebagian Besar Aktif” dan meningkat menjadi “Hampir Seluruhnya Aktif” pada pertemuan III. Sedangkan ketuntasan hasil belajar peserta didik mendapat kriteria “Sebagian Besar Tuntas” pada pertemuan I dan II, kemudian meningkat menjadi kriteria “Hampir Seluruhnya Tuntas” pada pertemuan III. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas pendidik dalam menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat terlaksana dengan baik serta aktivitas dan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan. Disarankan agar pendidik dapat mengembangkan pembelajaran yang inovatif seperti model pembelajaran pada penelitian ini sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Dewi Nurmala, & Noorhapizah. (2023). MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI HARMONI DAN EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2). Retrieved from http://dikseda.winayailmu.id/index.php/1/article/view/25