MENINGKATKAN AKTIVITAS, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL GROUND PEAT UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
Keywords:
Motivation, Social studies, Group Investigation, Mind Mapping, Picture and PictureAbstract
The problem in this research is the low activity, motivation and student learning outcomes in social studies learning. This study aims to determine the activities of teachers, students, motivation and improvement of student learning outcomes. This research was conducted using a qualitative approach with the type of Classroom Action Research (CAR) which was held 4 times in class V SD Muhammadiyah Sub Putat Atas for the academic year 2020/2021 with a total of 16 students. The research instrument used teacher activity observation sheets, student activity observations, student learning motivation questionnaires and student learning outcomes. Then analyzed with descriptive techniques and described in the form of tables and graphs. The results showed that teacher activity increased to a score of 38 with a percentage of 95% "Very Good" criteria, student activity increased by 100% "Very Active" criteria, student learning motivation increased by 87.5% "Very High" criteria, and student learning outcomes increased. 100% with “Very Good” criteria. Based on the results of the study, it was concluded that the GROUND PEAT model could significantly increase teacher activity, student activity, motivation and student learning outcomes. It is recommended to use this model as a consideration and alternative in the selection of learning models to improve the quality of learning in schools.
DAFTAR PUSTAKA
Afandi, R. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), Vol 7, 77-79.
Al Fath, A. M. 2014. Pengaruh Motivasi, Lingkungan dan Disiplin terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 19 Banda Aceh. Banda Aceh: STKIP Bina Bangsa Getsempena, Vol VI., 67-74.
Amberansyah, M. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (Gi), Means-Ends Analysis (Mea) Dan Word Square Pada Siswa Kelas Iv Sdn Teluk Dalam 11 Banjarmasin. -, Vol 3(1).
Ananda, R. 2017. Penerapan Pendekatan Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Sekolah, Vol 3, 66-75.
Arlinda, R., Noorhapizah, & Agusta, A. R. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Benda-Benda Di Sekitar Kita Muatan Ppkn Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (Gi), Numbered Head Together (Nht), Dan Snowball Throwing Pada Siswa Kelas V Sdn Pangeran 1 Banjarmasin . rumahjurnal, Vol. 5 No. 1 Hal 1-10.
Arsyad, A. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Asiah, N. 2018. Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini Dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar Di Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, Vol 4, 19-42.
Aslamiah, & Agusta, A. R. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Ekosistem Dengan Muatan Ipa Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Inquiry Learning, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (Savi) Dan Team Game Tournament (Tgt) Pada Kelas 5b Sdn Sungai Miai 7 . Jurnal Paradigma, Volume 10, Nomor 1, Halaman 67-76.
Aslamiah, & Fauzi, Z. A. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Materi Keputusan Bersama Melalui Model Mind Mapping yang Di variasi dengan Role Playing di Kelas V SDN Teluk Tiram 2 Banjarmasin. Paradigma, 1.
Aslamiah, & Pratiwi, D. A. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Keputusan Bersama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (Gi) Variasi Dengan Model Snowball Throwing Dan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas Vsdn Sungai Miai 2 Banjarmasin. Jurnal Paradigma , 15-19.
Asniwati, Fauzi, Z. A., & Fikri, H. 2018. Improving Learning Activities Using a Combination of Mind Mapping Model, Think Pair Share and Game Tournament . atlantis Press, 318-322.
Astiti, K. A. (2017). Evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Berlian, Z., Aini, K., & Siti , N. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Di Smp Negeri 10 Palembang. Bioilmu, 13-17.
Darmiyati, Metroyadi, & Normidah. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Materi Perkembangan Teknologi Komunikasi Melalui Model Group Investigation Di Kelas Iv Sdn Paharangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan. PARADIGMA JURNAL PENDIDIKAN Volume 8, Nomor 1, 2.
Dewi, L. V., Ahied, M., & Munawaroh, F. 2019. Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Scaffolding. Jurnal Pendidikan Matematika.
Fadilurrahman, M., Ismaniati, C., & Mustadi, A. 2019. Increasing Student Learning Activeness through Group Investigation. Journal of Physics: Conf. Series, 1.
Fathurrohman, M. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fauzi, Z. A., Asniwati, & Maulana, Z. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan Ppkn Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning, Mind Mapping Dan Word Square Di Kelas Iv Sdn Sungai Pantai 2 Barito Kuala. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM Vol. 5 No. 2, hal. 168.
Gunawan, R. 2016. Pendidikan IPS: Filosofi, Konsep dan Aplikasi . Bandung : Alfabeta.
Hadi, S. N., & Noor, A. J. 2013. Keefektifan Kelompok Belajar Siswa Berdasarkan Sosiometri Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Di Smp . EDU-MAt Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 1, No 1, hlm 60-67.
Hamalik, O. 2014. Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasyada, S., & Djenawa, A. 2020. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Bermedia Mind Map Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sosial Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU Vol (4), 696-706.
Islamuddinn. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Jannah, H., & Amberansyah. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Materi Kebebasan Berorganisasi Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (Gi),Numbered Heads Together (Nht), Dan Course Review Horay (Crh) Siswa Kelas V Sdn Alalak Tengah 2 Banjarmasin . Vol.5 No 1, Hlm 37-47.
Khaulani, F., Neviyarni S, & Murni, I. 2020. Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar” Vol. VII No. 1 Januari , 51-59.
Khaulani, F., Neviyarni S, & Murni, I. 2020. Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar” Vol. VII No. 1 Januari , 51-59.
Kompri. 2017. Belajar; Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.
Kompri. 2019. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kunandar. 2014. Guru profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Lailai, N., Hariyono, & Sumarni. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatiftipe Group Investigation. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, Vol.1 No. 2, hlm 123-129.
Linggawati, S. 2020. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Organ Peredaran Darah pada Manusia Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Divariasikan dengan Picture And Picture pada Siswa Kelas V SDN Keramat Kabupaten Banjar. Banjarmasin: FKIP PGSD Banjarmasin.
Listiani, H. 2020. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Tema Indahnya Keragaman Di Negeriku Muatan PPKn materi Keberagaman di Indonesia Menggunakan Kombinasi Model Gips Ball (Group Investigation, Picture and Picture, Dan Snowball Throwing. Banjarmasin: FKIP PGSD ULM.
Mahendra. 2018. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Permasalahan Sosial Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Number Heads Together, dan Talking Stick di Kelas IV SDN Lumbah 2 Barito Kuala. Banjarmasin: PGSD ULM Banjarmasin.
Masni, H. 2015. Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Didakya VOL 05, 38.
Maspupah , N., & Nurhaeniah. 2020. KONSEP DASAR BELAJAR DI SDIT CENDIKIA. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1-6.
Maulina, A. 2020. Meningkatkan Aktivitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan IPS Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation, dikombinasikan dengan Student Team Achievement Division, dan Boneka Estafet pada Siswa kelas V SDN Teluk . Banjarmasin: FKIP PGSD ULM.
Metroyadi, Pratiwi, D. A., & Adenan, F. (2019). Implementasi Kombinasi Model Auditory, Intellectually, Repitition (Air), Mind Mapping Dan Course Review Horay (Crh) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Iva Sdn Sungai Lulut 5 Kota. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM Vol. 5 No. 2, 77-88.
Mujuati, M., Suriansyah, A., & Effendi, R. (2019). Effect of Academic Supervision and School Culture on Teacher"s Teaching Quality in Public Islamic Senior High School Banjarmasin. Journal of K6, Education and Management, 126-132.
Mujuati, M., Suriansyah, A., & Effendi, R. 2019. Effect of Academic Supervision and School Culture on Teacher"s Teaching Quality in Public Islamic Senior High School Banjarmasin. Journal of K6, Education and Management, 126-132.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurchim. 2013. Perencanaan Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Priansa, D. J. 2017. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif dan Prestatif Dalam Memahami Siswa. bandung: Pustaka Setia.
Purwanti, R., Suriansyah, A., Aslamiah, & Dalle, J. 2018. Introducing Language Aspect (English) To Early Childhood Through The Combination Of Picture And Picture Model, Talking Stick Model, Flashcard Media, And Movement And Song Method In B1 Group At Matahariku Bilingual Kindergarten Landasan Ulin Tengah Banjarbaru. European Journal of Education Studies, 26.
Rachmawati, T., & Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang mendidik. Yogyakarta: Gava Media.
Rahmad. 2016. Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 67-78.
Ridha, M. (2020). Teori Motivasi Mcclelland dan Implikasinya dalam Pembelajaran PAI. PALAPA, 8(1), 1-16.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo persada.
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran. jakarta: Rajawali Pers.
Sanjaya, W. 2013. Penelitian Pendidikan, Jenis, Model dan Prosedur. Jakarta: Kencana.
Sapriya. 2017. Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran . Bandung PT Remaja Rosda Karya
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo persada.
Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Depok: raja Grafindo Persada.
Sari, R. 2018. The Improvement of Learning Outcomes of Social Theme Using Group Investigation and Mind Mapping Models for Students in SDN 3 Alalak Selatan Banjarmasin. ATLANTIS PRESS, Vol 274, 225-228.
Sari. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Ips Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Siswa Kelas V A Sd Negeri 200402 Sabungan Padangsidimpuan 2017- 2018. RISTEKDIKTI Jurnal Bimbingan dan Konseling.
Shoimin, A. 2014. 68 Model pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Simanihuruk, A., & Dewi, S. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Menggunakan Model Picture And Picture Pada Pelajaran Matematika Di Kelas Ii Sd . Jurnal Handayani, Vol. 8 (1), hlm 58-63.
Siska, Y. 2016. Konsep Dasar IPS. Yogyakarta: Garudhawaca.
Sulfemi, W. B., & Minati, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 3 Sd Menggunakan Model Picture And Picture Dan Media Gambar Seri. JPSD, Vol.4 No. 2.
Suprijono, A. 2016. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: Pustaka belajar.
Suriansyah, A., Amelia, R., & Fitriyani, H. A. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Kombinasi Model Think Pair And Share (TPS), Mind Mapping dan Corse Review Hooray (CRH) pada Siswa Kelas IV SDN Pemakuan Kabupaten Banjar. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM Vol. 5 No. 2, 25-32.
Suriansyah, A., Aslamiah, Sulaiman, & Noorhafizah. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Susanto, A. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Susanto, N. H., & Lestari, C. (2018). Problematika Pendidikan isalam di Indonesia: Eksplorasi Teori Motivasi Abraham Maslow dan David McClelland". Edukasi Islamika, 190.
Susanto, N. H., & Lestari, C. 2018. Problematika Pendidikan isalam di Indonesia: Eksplorasi Teori Motivasi Abraham Maslow dan David McClelland". Edukasi Islamika, 190.
Tarigan, D. 2014. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Make A Match Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 050687 Sawit Seberang . JURNAL KREANO, ISSN : 2086-2334, 1-7.
Trianto. 2014. mendesain Model pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Group.
Tumini, T. 2019. Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar dengan Multimedia pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 4(2), 93.
Ulfah, K. R., Santoso, A., & Utaya, S. 2016. HUBUNGAN MOTIVASI DENGAN HASIL BELAJAR IPS. Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1607-1611.
Uno Hamzah B, M. N. 2015. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif dan Inovatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Uno, H. (2008). Teori Motivasi & Pengukurannya : Kajian & Analisis Di Bidang pendidikan.
Widodo, A., Indraswati, D., & Sobri, M. 2019. Analisis Nilai-Nilai Kecakapan Abad 21 dalam Buku Siswa SD/MI Kelas V SubTema 1 Manusia dan Lingkungan. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 125.
Widodo, A., Indraswati, D., Radiusman, R., Umar, U., & Nursaptini, N. 2019. Analisis Konten HOTS dalam Buku Siswa Kelas V Tema 6 “ Panas dan Perpindahannya ” Kurikulum 2013. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 12(1), 1–13.
Winarti , M. F. 2020. Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Komunikasi Dan Hasil Belajar Siswa Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Menggunakan Model BEKANTAN Pada Siswa Kelas V SDN Tanjung Pagar 1 Banjarmasin. Banjarmasin: FKIP PGSD ULM.
Yahya, A., & Wahidah, N. B. 2020. Pembelajaran kooperatif tipe rotating trio exchange untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Analisa, 69-79.
Sari, Raihanah. (2018). The Improvement Of Learning Outcomes Of Social Theme Using Group Investigation And Mind Maping Models For Students In SDN 3 Alalak Selatan Banjarmasin. Proceedings of the 1st International Conference on Creativity, Innovation and Technology in Education (IC-CITE 2018). Proceedings of the 1st International Conference on Creativity, Innovation and Technology in Education (IC-CITE 2018), Banjarmasin, Indonesia: Atlantis Press. Doi. Volume 10
Suriansyah, A., & Aslamiah. (2015). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang tua, dan Masyarakat dalam Membentuk Karakter Siswa. Cakrawala Pendidikan, Vol 4 No 2
Suriansyah, A., Aslamiah, Sulaiman, & Norhafizah. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo
Noorhapizah, dkk. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Dalam Menenmukan Informasi Menggunakan Kombinasi Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ), Numbered Head Together (Nht), Dan Course Review Horay (Crh) Pada Siswa Kelas Ivb Sdn Gambut 2 Kabupaten Banjar. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM Vol.5 No.1
Asniwati, Fauzi, Z. A., & Fikri, H. 2018. Improving Learning Activities Using a Combination of Mind Mapping Model, Think Pair Share and Game Tournament . atlantis Press, 318-322
Fauzi, Z. A., Asniwati, & Maulana, Z. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan Ppkn Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning, Mind Mapping Dan Word Square Di Kelas Iv Sdn Sungai Pantai 2 Barito Kuala. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM Vol. 5 No. 2, hal. 168
Purwanti, R., Suriansyah, A., Aslamiah, & Dalle, J. 2018. Introducing Language Aspect (English) To Early Childhood Through The Combination Of Picture And Picture Model, Talking Stick Model, Flashcard Media, And Movement And Song Method In B1 Group At Matahariku Bilingual Kindergarten Landasan Ulin Tengah Banjarbaru. European Journal of Education Studies, 26
Suriansyah, A., Amelia, R., & Fitriyani, H. A. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Kombinasi Model Think Pair And Share (TPS), Mind Mapping dan Corse Review Hooray (CRH) pada Siswa Kelas IV SDN Pemakuan Kabupaten Banjar. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM Vol. 5 No. 2, 25-32.
Suriansyah, A., Aslamiah, Sulaiman, & Noorhafizah. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Agusta, A. A. R. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Ekosistem dengan Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Inquiry Learning, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) DAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) Pada Kelas 5B SDN Sungai Miai 7 Banjarmasin. Paradigma, 10(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.