MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS I PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PENGHEMATAN AIR MELALUI PENDEKATAN PAKEM DI SDN TAMBAAN 1

PENDEKATAN PAKEM

Authors

  • RAHMAWATI SOLIKIN UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA
  • Agung Setyawan UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

Keywords:

PENDEKATAN PAKEM, AKTIVITAS BELAJAR, PEMBELAJARAN IPA

Abstract

Berdasarkan penelitian terhadap rendahnya aktivitas belajar siswa kelas I, guru sebegai fasilitator dan motivator untuk mendorong peserta didik agar terlibat aktif dan komunikatif dalam pemebelajaran dengan baik, Maka dari itu perlunya memilih pendekatan yang cocok untuk diterapkan yaitu pendekatan pakem sebagai salah satu untuk meningkatkan pemahaman siswa untuk menunjang prestasi dan profesional secara pribadi maupun individu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret hingga April 2023, bertempat di SDN Tambaan 1 yang dimana penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas I. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas I pada pembelajaran IPA materi penghematan air melalui pendekatan pakem di SDN Tambaan 1. Penelitian menggunakan model penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Hasil penelitian pada siklus I keaktifan siswa mencapai 75% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%.

daftar pustaka

Noorhapizah, N., Prihandoko, Y., Pratiwi, D. A., & Hartati, H. (2023). PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH UNTUK MENUNJANG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI LINGKUNGAN LAHAN BASAH. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat4(4), 8886-8890.

Darmiyati, D., Sunarno, S., & Prihandoko, Y. (2023). PELATIHAN PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR KECAMATAN KUSAN HULU KABUPATEN TANAH BUMBU KALIMATAN SELATAN. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat4(4), 8891-8895.

Noorhapizah, N., Prihandoko, Y., Pratiwi, D. A., & Saputra, M. D. (2024). Effectiveness of the ‘BANGKIT’Program to Support the Implementation of ‘Merdeka’Curriculum in Primary Schools in a Wetland Environment. Journal of Education Method and Learning Strategy2(01), 8-16.

Radiansyah, R., Sari, R., Jannah, F., Prihandoko, Y., & Rahmaniah, N. F. (2023). Improving children's critical thinking skills in elementary school through the development of problem based learning and HOTS models. International Journal of Curriculum Development, Teaching and Learning Innovation1(2), 52-59.

Darmiyati, D., Sunarno, S., & Prihandoko, Y. (2023). The effectiveness of portfolio assessment based problem based learning on mathematical critical thinking skills in elementary schools. International Journal of Curriculum Development, Teaching and Learning Innovation1(2), 42-51.

Prihandoko, Y., Prastitasari, H., Kurahmah, T., Fendrik, M., & Istianah, T. N. (2023). Implementation of the PREMIER model based on river area to improve fourth-grade students’ mathematical problem-solving ability. Journal Of Teaching And Learning In Elementary Education6(1), 27-38.

Jannah, F., Sari, R., Prihandoko, Y., Prasetyo, Y. D., & Indriati, S. (2023). IMPROVING SCIENCE LEARNING ACTIVITIES AND OUTCOMES USING AN" INTERNAL" LEARNING MODEL. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)7(1), 192-201.

Noorhapizah, N., Pratiwi, D. A., Prihandoko, Y., Ayuni, H., & Putri, T. A. S. (2023). Development of HOTs-Based Teaching Materials, Multiple Intelligence, and Baimbai Wood Characters for River-Bank Elementary Schools. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan4(1), 94-107.

Prastitasari, H., Fitria, M., Jumadi, J., Sunarno, S., Annisa, M., & Prihandoko, Y. (2022). Peningkatan prestasi matematika siswa sekolah dasar dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran PBL, SR, dan QOD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar11(6), 1792-1804.

Wangid, M. N., Mustadi, A., Syamsudin, A., Hastuti, W. S., Perwitasari, N., Noor, A. F., ... & Prihandoko, Y. (2020). Pelatihan Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS Bagi Guru SD Se-Kecamatan Mantrijeron Kota Yogyakarta: HOTS-Based Learning and Assessment Training for Elementary School Teachers in the District of Mantrijeron, Yogyakarta City. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat5(4), 394-403.

Prihandoko, Y., & Wasitohadi, W. (2015). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Kognitif Moral Melalui Model Value Clarification Technique (Vct) Ditinjau Dari Hasil Belajar Pkn Dengan Mempertimbangkan Moral Judgement. Satya Widya31(1), 17-31.

Prihandoko, Y. (2022). Cognitive moral: Merangsang perkembangan perilaku moral siswa sekolah dasar melalui pendekatan kognitif. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi10(2).

Prihandoko, Y. (2018). Pengembangan Bahan Ajar PPKN Berbasis Cognitive Moral untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Penelitian Pengembangan di Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2017/2018) (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

 

Downloads

Published

2023-10-01

How to Cite

SOLIKIN, R., & Setyawan, A. (2023). MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS I PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PENGHEMATAN AIR MELALUI PENDEKATAN PAKEM DI SDN TAMBAAN 1: PENDEKATAN PAKEM. DIKSEDA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2). Retrieved from http://dikseda.winayailmu.id/index.php/1/article/view/7